Pendidikan adalah ibadah…
Arsip
Statistik Kunjungan
Kunjungan Hari ini : 156
Total Kunjungan : 79289
IP Anda : 54.83.122.227
Tamu Online : 0
User online : 0
Sistem Operasi :

Mahasiswa DIV Analis Kesehatan Utak-atik Bakteri Penyebab TB

MCMR, MAKASSAR– Mengenakan jas putih, mahasiswa DIV Analis Kesehatan STIKes Mega Rezky Makassar tampak sibuk mengutak-atik sampel bakteri penyebab Tuberkulosis (TB), Mycobacterium Tuberculosis, di Laboratorium Molekuler, Hasanuddin University Medical Research Center (HUM RC), Fakultas Kedokteran Unhas, Rabu-Kamis (9-10/05/2017).

Kegiatan yang  diikuti oleh 121 mahasiswa dan 3 dosen yaitu Nirmawati Angria SSi MKes, Arlitha Dekayana SSi MKes dan Ka'bah SSi MKes selaku pendamping. Praktik ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa DIV Analis Kesehatan mengenai metode pemeriksaan molekuler. Hal ini penting karena merupakan kompetensi unggulan bagi mahasiswa Program studi (Prodi) DIV Analis Kesehatan.

Mahasiswa melakukan pengambilan sampel sebelum memasukkannya ke Gel Elektroforesis

Ka’bah mengatakan, perlahan tapi pasti mahasiswa melakukan pemeriksaan molekuler seperti ekstraksi sampel, dan amplifikasi dengan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR). Mereka sedang berusaha mengidentifikasi sampel dari isolat Mycobacterium Tuberculosis penderita Tuberculosis Paru dengan teknik molekuler. Dengan hati-hati dan penuh ketelitian mereka mengekstraksi sampel untuk memisahkan DNA, hingga memasukkan sampel ke dalam cincin gel.

"Awalnya kami memberikan mahasiswa pengarahan penggunaan alat PCR dan elektroforesis lalu mereka mengambil sampel sebelum memasukkannya ke gel elektroforesis," ungkap Ka'bah, sapaan lelaki jebolan Universitas Hasanuddin ini.

Proses ekstraksi sampel untuk memisahkan DNA target.

Mereka tak hanya berkutat dengan bakteri penyebab TB, namun mereka juga penasaran dengan bakteri penyebab typhoid. Arlitha mengatakan, dalam praktik tersebut, mahasiswanya mencoba mengisolat bakteri Salmonella Tiphy dari darah penderita demam tifoid dengan teknik molekuler. (hdl)