Arsip

Lakukan Abdimas, Prodi S1 Farmasi Mencari Sampel Biota Laut di Pulau Barrang Lompo

MCMR, MAKASSAR- Sebagai wujud pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, Program Studi S1 Farmasi melakukan pengabdian masyarakat (Abdimas) di Pulau Barrang Lompo, Kecamatan Sangkarang, Kota Makassar pada Hari Kamis – Sabtu (10-12/05/2018). Sembari melakukan abdimas dengan tema "Pemanfaatan Obat Tradisional sebagai Alternatif Pengobatan pada Masyarakat", beberapa tim S1 Farmasi melakukan kegiatan pengambilan sampel biota laut. 

Mereka yang terjun langsung ke Pulau Barrang Lompo diantaranya; Muhammad Asri SR SFarm MFarm Apt (ketua tim), Nurfiddin Farid SSi MSi (anggota), Ahmad Irsyad Aliah SFarm MSi Apt (anggota), dan Muhammad Yusuf SFarm MSc (anggota).

Asri mengungkapkan, ada beberapa temuan yang diperoleh timnya saat berada di lapangan. "Dari berbagai jenis tanaman di pekarangan warga, banyak diantaranya merupakan tumbuhan yang dapat dijadikan sebagai tanaman obat," ucap Asri.

Namun dirinya menyayangkan masih belum optimalnya pemanfaatan penggunaan tanaman obat tersebut. "Masyarakat menggunakan tanaman obat karena saran dari teman, tetangga dan telah digunakan secara turun temurun," tutur Asri.

Terkait kegiatan Abdimas, Asri mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai berbagai tanaman yang mempunyai khasiat tanaman obat dan swamedikasi. Juga dijelaskan mengenai  cara pemanfaatan tanaman obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit ringan.

Asri berharap, kegiatan tersebut dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai cara pemanfaatan tanaman obat yang baik dan benar, pemilihan tanaman obat untuk indikasi penyakit tertentu, hingga cara pengolahan tanaman.