Arsip

Orientasi Praktik Klinik, Mahasiswa DIII Kardiovaskuler Kunjungi Pusat Jantung Terpadu RS Wahidin

MCMR, MAKASSAR- DIII Teknik Kardiovaskuler STIKes Mega Rezky Makassar mengunjungi Pusat Jantung Rumah Sakit Umum Pendidikan (PJT RSUP) Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar, Senin-Rabu (14-16/05/2018). Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kegiatan wajib yang harus dilalui oleh mahasiswa DIII Teknik Kardiovaskuler maupun mahasiswa dari perguruan tinggi lain yang akan melaksanakan praktik klinik di RSUP tersebut. 

Rini Aryani Yamin SKM MKes selaku Sekertaris Prodi DIII Teknik Kardiovaskuler mengatakan, rentetan kunjungan ini dimulai dengan kegiatan Pelatihan Basic Life Support, Safety Patient  pada Senin-Selasa (14-15/2018) di Lt 3 UGD PJT RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo. "Pelatihan yang diikuti oleh 32 mahasiswa ini bertujuan untuk memberikan pelatihan keselamatan pasien," ungkap Rini.

Beranjak dari pelatihan keselamatan pasien, mahasiswa dan dosen DIII Teknik Kardiovaskuler pun melakukan kunjungan lahan praktik pada Rabu (16/05/2018) di Laboratorium Kateterisasi, Poli Echocardiografi dan Vaskuler serta Poli Treadmill,  Poli Holter & EKG PJT RS Wahidin Sudirohusodo. Kunjungan ini sebagai masa orientasi mahasiswa sebelum terjun melaksanakan praktik klinik. 

                         

mengunjungi Poli Echocardiografi

Marlina SKM MAdmKes selaku pembimbing lahan mengatakan,  kegiatan ini dilakukan agar mahasiswa tidak lagi kebingungan mencari ruangan atau tempat praktik pada saat hari pertama praktik di PJT RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo.

"Kegiatan ini dilaksanakan agar mahasiswa memahami tata tertib selama berada di PJT Wahidin," tegas Marliana.

Masih di hari yang sama, setelah mengenali tempat praktiknya, Prodi DIII Teknik Kardiovaskuler mengadakan pertemuan pembimbing lahan praktik dan pembimbing lahan institusi di PJT Lt 3 Ruang A RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo. Pertemuan tersebut untuk membahas mekanisme praktik Mahasiswa selama di RS.

                                                                   

Sesi diskusi pembimbing lahan dan pembimbing klinik praktik mahasiswa DIII Teknik Kardiovaskular.

Kegiatan dibuka oleh Kasubag Diklit Keperawatan dan Non Medik, Letje Herman SKep Ns MKes. Kemudian dilanjutkan pemaparan singkat mengenai Prodi DIII Teknik Kardiovaskuler oleh dr Asrul Apris SpJP MKes.

Pada kesempatan tersebut Asrul menyampaikan standar kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa Teknik Kardiovaskuler STIKes Mega Rezky Makassar.  Menanggapi hal tersebut, Letje selaku Kasubag Diklit menyampaikan kepada pembimbing lahan untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam membimbing mahasiswa.

Marlina sebagai salah satu dosen Prodi DIII Teknik Kardiovaskuler dan  pembimbing lahan mengatakan,  tanggapan dokter jantung di PJT sangat welcome dengan kehadiran mahasiswa Teknik Kardiovaskular. "Mahasiswa akan dibimbing dengan maksimal sehingga mampu mencapai standar kompetensi," jelas Marliana.

Praktik klinik mahasiswa akan dilaksanakan selama 10 minggu, dari tanggal 17 Mei 2018-28 Juli 2018. Mahasiswa dibagi menjadi 5 kelompok dan masing-masing kelompok akan praktik di beberapa ruangan yang ada di PJT Wahidin yakni Laboratorium Cath Lab, Poli Echocardiografi dan Vaskuler, Poli Treadmill, Poli Holter & EKG.