Pendidikan adalah ibadah…
Arsip
Statistik Kunjungan
Kunjungan Hari ini : 155
Total Kunjungan : 79288
IP Anda : 54.83.122.227
Tamu Online : 0
User online : 0
Sistem Operasi :

Pemeriksaan Jantung Gratis Ala Teknik Kardiovaskular

MCMR-MAKASSAR, Pemeriksaan jantung  identik dengan biaya pemeriksaan yang lumayan merogoh kocek. Dalam kondisi demikian, masyarakat belum menyadari pentingnya pengenalan dini terkait penyakit jantung. Didasari  fenomena tersebut, program studi DIII Teknik Kardiovaskular STIKes Mega Rezky berbagi dengan mengadakan kegiatan yang bertajuk “Pengenalan Dini Penyakit Jantung Melalui Pemeriksaan Elektrokardiogram (EKG) dan Penyuluhan Kesehatan” di Laboratorium Non Invasive DIII Teknik Kardiovaskular STIKes Mega Rezky, Sabtu (13/05/2017).

Pemeriksaan EKG Gratis ini ditangani oleh Dr Asrul Apris SpJP. Tak hanya melakukan pemeriksaan, Asrul juga melakukan upaya preventif  berupa penyuluhan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit jantung. Selain Asrul, acara tersebut terlaksana berkat kerja sama 5 dosen dan staf Prodi DIII Teknik Kardiovaskular, 1 Teknisi Kardiovas  kular, dan 37 Mahasiswa DIII Teknik Kardiovaskular.

Rini Aryani SKM MKes selaku Sekertaris Prodi DIII Teknik Kardiovaskuler mengatakan, pemeriksaan EKG gratis ini diminati oleh masyarakat. Buktinya, sekitar 50 orang peserta dari masyarakat Kelurahan Bangkala, Kecamatan Manggala yang memiliki keluhan nyeri dada dan hipertensi ikut serta menjalani pemeriksaan.

Mahasiswa dan Dr Asrul Apris SpJP dari DIII Teknik Kardiovaskular STIKes Mega Rezky melakukan pemeriksaan EKG di Laboratorium Non Invasive DIII Teknik Kardiovaskular STIKes Mega Rezky, Sabtu (13/05/2017). (Foto: Rini )

Tanggapan masyarakat pun beragam. Salah satunya, Anti selaku Koordinator Ibu PKK di Kelurahan Bangkala mengatakan, kegiatan ini sangat bagus, karena dirinya sering mengalami keluhan nyeri dada, apalagi orang tua juga ada riwayat jantung, jadi ini kesempatan untuk memeriksakan jantung dan konsul dengan dokter spesialis jantung.

Selain Anti, tampak Rusmiati mengucap syukur ketika mengikuti pemeriksaan. “Alhamdulillah ada kegiatan seperti ini, jadi kita bisa tahu tentang kesehatan jantung, apakah ada kelainan atau tidak,” ungkap Rusmiati, yang juga masyarakat Kelurahan Bangkala. (Hdl)