Pendidikan adalah ibadah…
Arsip
Statistik Kunjungan
Kunjungan Hari ini : 156
Total Kunjungan : 79289
IP Anda : 54.83.122.227
Tamu Online : 0
User online : 0
Sistem Operasi :

Visi dan Misi Prodi DIII Analisis Kesehatan

VISI

Menyiapkan tenaga ahli madya analis kesehatan yang berkualitas, unggul dan professional serta berstandar nasional menuju standar internasional pada tahun 2022

MISI

  1. Mengembangkan sistem pendidikan akademik dan pendidikan profesi analis kesehatan yang bernuansa masa depan, memiliki keunggulan kompetensi sesuai kebutuhan tenaga kesehatan khususnya analis kesehatan baik lokal, nasional, regional dan internasional.
  2. Memberdayakan seluruh sumber daya dalam rangka mewujudkan pelayanan optimal baik dalam lingkungan program studi, maupun dalam lingkungan masyarakat.
  3. Mengembangkan iklim belajar yang dinamis, berwawasan global, berakar pada etika profesi, norma dan nilai budaya nasional.
  4. Mengembangkan riset analis kesehatan dan memanfaatkan hasil-hasil riset.

TUJUAN

Menghasilkan diploma analis kesehatan yang memiliki sikap dan kemampuan dalam:

  1. Menguasai dasar-dasar ilmu analis kesehatan sehingga mampu berfikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmuan
  2. Menerapkan konsep dan prinsip keilmuan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan yang optimal
  3. Senantiasa meningkatkan dan mengembangkan diri dalam bidang ilmu analis kesehatan sesuai bakatnya dengan meningkatkan pendidikannya, memilih sumber-sumber pendidikan yang serasi, dengan berpedoman pada pendidikan sepanjang hayat
  4. Mampu menjalankan peran dan fungsi analis kesehatan baik sebagai pelaksana, pengelola, pendidik dan peneliti.
  5. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu kesehatan, khususnya ilmu analis kesehatan dalam upaya mencapai penyelesaian masalah kesehatan klien secara individu, masyarakat dan sistem pelayanan kesehatan dengan ikut serta dalam pendidikan dan penelitian.

SASARAN

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Diploma Analis Kesehatan dengan menggunakan kurikulum yang diarahkan pada penguasaan ilmu pengetahuan dan keterampilan dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar lokal dan nasional melalui revisi kurikulum dengan tetap berpedoman pada peraturan pemerintah berlandaskan pada Pancasila dan UUD 1945, menekankan pentingnya integritas kepribadian yang tinggi, rasa tanggung jawab, amanat, kepedulian dan penghargaan dengan sesama manusia dan berprilaku sesuai dengan etika analis kesehatan.
  2. Mengembangkan strategi pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa untuk berfikir kritis, mengembangkan sikap dan etik ilmuan dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  3. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berfikir dan bertindak kreatif dan produktif, bersikap terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi analis kesehatan maupun terhadap masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat.
  4. Melaksanakan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler yang dapat meningkatkan dan mengembangkan keilmuan mahasiswa serta menyelenggaraan pendidikan yang didukung oleh tersedianya sumber-sumber yang relevan dan terkini.
  5. Mengembangkan kegiatan ilmiah yang mencakup pengembangan pengetahuan dan metodologi ilmu analis kesehatan termasuk penerapannya dalam kehidupan masyarakat.

 

STRATEGI

Untuk mewujudkan sasaran tersebut diatas dipilih strategi dan metode pengajaran yang sesuai kompetensi yang diinginkan dalam setiap mata kuliah tatap muka maupun non tatap muka. Kompetensi yang dimaksud meliputi   elemen kompetensi sesuai dengan Kepmen No. 232/U/2000 tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa. Dan SK. Mendiknas RI No. 045/U/2002 Tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi yang kemudian dijabarkan kedalam kompetensi utama: Kemampuan minimal untuk menampilkan unjuk kerja yang memuaskan sesuai dengan penciri program studi, kompetensi pendukung : Kemampuan yang gayut dan dapat mendukung kompetensi utama serta merupakan ciri khas STIKes Mega Rezky. kompetensi lain : Kemampuan yang ditambahkan yang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup, dan ditetapkan berdasarkan keadaan serta kebutuhan lingkungan. Monitoring proses pembelajaran dilaksanakan untuk mengawasi agar sasaran yang ingin dicapai dapat diwujudkan sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan